Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

 

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) merupakan Sistem Informasi Hukum online yang berisikan Informasi Produk-Produk Hukum Daerah Kota Banda Aceh. JDIH adalah bagian dari usaha proses kinerja transparansi pemerintah kota Banda Aceh. Dasar hukum pembentukan jaringan ini adalah Keppres no 91 tahun 1999 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional dan dijabarkan lebih lanjut dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri no 168 tahun 2004 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Hukum Departemen Dalam Negeri dan Daerah.

Jenis-jenis produk hukum daerah kota Banda Aceh yang dipublikasi dalam sistem ini antara lain:

  • Peraturan Daerah dan Qanun Kota Banda Aceh dari tahun 1975 sampai dengan sekarang;
  • Peraturan Walikota Banda Aceh dari tahun 2007 sampai dengan sekarang serta;
  • Rancangan Qanun Kota Banda Aceh yang sedang dalam pembahasan yang butuh masukan dan saran dari masyarakat;
  • Peraturan Lainnya;
  • Dan Artikel.

 

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Daerah yang dikelola oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk mengakses serta memberikan saran dan kritikan agar website ini dalam perjalanannya kedepan bisa bertahan dan bermanfaat serta mendapatkan hasil yang lebih baik dengan sasaran dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam pelayanan Penyebarluasan Informasi Hukum untuk pembangunan kota banda aceh tercinta ini.

Pada Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Daerah Kota Banda Aceh ini kami juga menyediakan satu ruang publik berbentuk artikel/tulisan tentang informasi produk hukum nasional dan produk hukum daerah. Ruang public ini kami sediakan kepada masyarakat, akademisi, ilmuwan dan pejabat public yang ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan. Kami mengajak anda sebagai anak bangsa ikut membantu dan  berpartisipasi agar bersama-sama merasakan ikut menyelenggarakan pemerintahan.